Thursday, November 29, 2012

Tragedi 'Gol Hantu' Paling Heboh Sepanjang Sejarah Sepakbola


VenBi, KabarSepakbola;'Gol Hantu' mengacu pada kejadian dimana bola sudah melewati garis gawang namun pengadil pertandingan [wasit atau asisten wasit] tidak menganggapnya sebagai gol.

Hal ini kerap terjadi di dalam pertandingan sepakbola dan mampu mengubah jalan dan hasil dari pertandingan tersebut. Apalagi dalam laga-laga penting kelas dunia.

Melalui beberapa kebijakannya, FIFA sebagai badan tertinggi dalam sepakbola dunia sebenarnya sudah beberapa kali mencoba untuk mengantisipasi terjadinya kejadian seperti ini.

Contoh usaha FIFA untuk mencegah kontroversi seperti ini adalah dengan menugaskan dua wasit tambahan yang berposisi di samping gawang. Dengan hadirnya dua wasit di sebelah gawang, FIFA mengharapkan dapat meminimalisir kejadian 'Gol Hantu' ini.

Hal ini sepertinya belum cukup mampu untuk meminimalisasi kejadian yang kerap menimbulkan kontroversi di akhir laga ini.

Daftar di bawah ini adalah lima 'Gol Hantu' terheboh yang pernah terjadi dalam sejarah sepakbola dunia.

- Manchester United vs Tottenham Hotspur [English Premier League 2004/2005]

Dalam laga ini Spurs sebenarnya mampu mencuri 3 poin dari United di Old Trafford. Memanfaatkan kelengahan kiper MU saat itu, Roy Carroll di menit ke-89, pemain tengah Spurs Pedro Mendes melepaskan tendangan dari jarak jauh dan bola sebenarnya telah melewati garis gawang sebelum akhirnya mampu ditepis oleh Carroll namun posisi wasit yang masih jauh dari gawang United akhirnya tidak mengesahkan usaha Mendes tersebut menjadi gol. Laga pun berakhir imbang 0-0.

>> Video

- Jerman vs Inggris [Perdelapan-final Piala Dunia 2010]

Saat skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah Jerman, Inggris sebenarnya mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan setelah tendangan keras dari Frank Lampard yang terlebih dahulu membentur mistar gawang terlihat jelas melewati garis gawang Manuel Neuer. Namun wasit pertandingan menyatakan play-on dan tidak menganggap insiden tersebut adalah sebuah gol untuk 'The Three Lions'.

Inggris pun akhirnya harus rela terseingkir karena kalah dengan skor telak 4-1. Andai saja tendangan Lampard tersebut disahkan menjadi sebuah gol, mungkin hasil pertandingan akan lain ceritanya.

>> Video

- AC Milan vs Juventus [Serie A 2011/2012]

Di menit ke-25, wasit di pertandingan ini membuat keputusan kontroversial ketika tidak mengesahkan sundulan Sulley Muntari yang sebenarnya telah melewati garis gawang Gigi Buffon. Pertandingan pun akhirnya berakhir dengan skor imbang 1-1.

>> Video

- Chelsea vs Liverpool [Final Piala FA 2011/2012]

Laga puncak Piala FA musim 2011/12 mempertemukan dua raksasa yaitu Chelsea kontra Liverpool. Kejadian 'Gol Hantu' di pertandingan ini terjadi di menit ke-82 dimana tandukan Andy Carroll yang sempat ditepis oleh Petr Cech sebenarnya telah melewati garis gawang namun wasit dan hakim garis yang bertugas kala itu tidak menganggapnya sebagai sebuah gol. Karena kejadian ini, Luis Suarez harus mendapat kartu kuning karena melakukan protes yang terlalu keras terhadap wasit

Chelsea pun akhirnya sukses merengkuh trofi FA setelah menang dengan skor 2-1 melalui gol yang dicetak oleh Ramires (11') dan Didier Drogba (52'), sedangkan gol 'The Reds' Liverpool dilesatkan oleh Andy Carroll di menit ke-64.

>> Video

- Ukraina vs Inggris [Babak Penyisihan Grup D Piala Eropa 2012]

Dalam pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh Inggris dengan 0-1 ini terjadi kejadian 'Gol Hantu'. Tendangan striker Ukraina, Marko Devic, di menit ke-62 yang membentur gawang memang sejatinya telah melewati garis gawang sebelum akhirnya diselamatkan oleh John Terry.

>> Video

[]

No comments:

Post a Comment